Skip to main content

Analisis Sistem Informasi



Paada artikel kali ini kita akan menbahas mengenai Analisis Sistem Informasi. Apa itu sistem informasi?, ada yang sudah tau?. Mari kita cari tau di sini. 

Apa itu Analisis Sistem?

Analisis sistem informasi adalah pejabaran dari sebuah sistem informasi kedalam bagian-bagian tertentu dengan magsud untuk mengidentifikasi  dan mengevaluasi sebuah permasalahan, kesempatan, hambatan, dan kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan agar bisa di usulkan untuk memperbaikinya.

Didalam analisis sistem terdapat langkah-langkah dasar yang perlu dilakukan oles analisis sistem, yaitu:

  1. Identify, yaitu proses untuk mengidentifikasi sebuah permasalahan
  2. Understand, yaiitu memahami dari sistem yang sudah ada
  3. Analyze, yaitu proses untuk menganalisis sistem
  4. Report, yaitu membuat sebuah laporan dari hasil analisis

Mengidentifikasi Masalah 

Masalah mmerupakan sebuah pertanyaan yang harus diselesaikan karena masalah inilah yang menyebabkan sasaran dari sistem tidak dapat di capai. Untuk itu langkah pertama yang harus di lakukan oleh analisis sistem adalah dengan cara mengidentifikasi masalah tersebut. Identifikasi masalah itu meliputi antara lain :

  • Mengidentifikasi penyebab masalah

Seorang analisis sistem harus mempunyai sebuah pengetahuan dalam mengidentifikasi penyebab sebuah masalah. Tugas mengidentifikasi suatu penyebab masalah dimulai dengan mengkaji ulang terlebih dahulu mengenai subjek-subjek permasalahan yang sudah ditemukan

  • Mengidentifikasi titik keputusan
Menunjukan suatu dimana kondisi yang menyebabkan sesuatu, Apabila sudah dapat mengidentifikasi titik-titik keputusan penyebab masalah. Maka penelitian dimulai dari titik-titik keputusan tersebut
  • Mengidentifikas personil-personil kunci
Personil kunci dilihat baik dari yang secara langsung maupun tidak langsung menyebabkan terjadinya suatu permasalahan


Memahami kerja sistem

Seorang analisis sistem dapat memahami kerja dari suatu sistem harus berdasarkan data yang diperolehnya dari hasil penelitian. Data-data tersebut dikumpulkan dengan berbagai macam teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi, daftar pertanyaan, dan pengambilan sample. Adapun langkah-langkah dalam memahami kerja dari sistem, yaitu meliputi :
  • Menentukan jenis penelitian.
Sebagai seorang analisis sistem harus menetukan kira-kira penelitian seperti apa yang cocok untuk di jalankan. Apakah itu wawancara, observasi, daftar pertanyaan atau juga dengan cara pengambilan sample.
  • Merencanakan jadwal penelitian
Agar suatu penelitian dapat di lakukan dengan efisien dan tepat waktu, maka harus ditentukan terlebih dahule mengenai jadwal penelitian yang di dalamnya meliputi tentang mengatur jadwal wawancara, mengatur jadwal observasi, serta mengatur jadwal pengambilan sample.
  • Membuat penugasan penelitian
Supaya penelitian berjalan efisien maka diperlukan pembagian tugas-tugas untuk melakukan suatu menelitian.
  • Membuat agenda wawancara
Sebelum melakukan wawancara penelitian hendaknya dibuat terlebih dahulu mengenai agenda wawancara supaya menemui target wawancara.
  • Mengumpulkan hasil penelitian
Fakta ataupun data yang diperoleh dari hasil penelitian harus dikumpulkan sebagai dokumentasi. Dokmentasi penelitian sangat diperlukan untuk membantu kelengkapan data, membantu analisis, membantu komunikasi, membantu pelatihan, dan membantu keamanan.

Analisis Hasil Penelitian

Analisis hasil penelitian dilakukan berdasarkan data yang di peroleh pada saat melakukan penelitian.Ada beberapa hal yang perlu dilaksanakan antara lain
  • Menganalisis kelemahan sistem
Analisa masalah dilakukan untuk dapat menemukan jawaban dari apa yang menyebabkan suatu permasalahan
  • Menganalisis distribusi pekerjaan
Menganalisis distribusi pekerjaan dilakukan untuk mengetahui beban dari masing-masing personil, dengan itu dapat menentukan mana personil yang masih bisa di beri tambahan beban dan mana personil yang harus dikurangi bebannya.
  • Menganalisis keandalan
Dengan menganalisi keandalan diharapkan bisa untuk menunjukan kesalahan yang dilakukan dalam suatu kegiatan. 
  • Menganalisis dokumen
Menganalisis dokumen dilakukan untuk mengetahui tentang dokumen yang digunakan dalam suatu sistem yang lama.
  • Menganalisis laporan
Menganalisa laporan dilakukan untuk menganalisis laporan yang dihasilkan oleh sistem yang lama.
  • Menganalisis teknologi
Digunakan untuk menganasisa penggunaan teknologi dari sitem yang lama.
  • Menganalisis kebutuhan-kebutuhan informasi bagi pemakai.
Analisa kebutuhan informasi pemakai dilakukan supaya agar bisa menyediakan informasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pemakai.


Membuat Laporan Hasil Analisis

Setelai proses analisis tadi selelai, tugas selanjutnya dari seorang analisis sistem adalah membuat laporan mengenai hasil pemelitiannya, Laporan ini yang nantinya akan di laporkan kepada steering commitee yang nantinya akan di teruskan ke manajement. Tujuan dari pelaporan ini adalah sebagai berikut :
  1. Pelapolan bahwa proses analisis telah selesai
  2. Meluruskan kesalahan pengertian mengenai apa yang telah ditemukan dan di analisis
  3. Meninta pendapat dan saran dari pihak manajement
  4. Meminta persetujuan manajement 


Nah, mungkin sampai di sini dulu mengenai pembahasan Analisis sistem informasi ini. untuk kedepannya saya akan membuat sebuah project menganalisis sebuah sistem informasi sekolah. Untuk itu simak terus artikel ini kedepannya. Bila ada yang mau di tanyakan, silahkan bisa comment di bawah. Sekian dari saya, TerimaKasih ...



Comments