PROPOSAL USAHA
J-TIME
Proposal ini disusun sebagai pengganti Ulangan Tengah Semester
Mata Kuliah Tecnopreneurship
Disusun oleh :
Trio Hermanto
SEKOLAH TINGI MANAJEMEN
INFORMATIKA DAN KOMPUTER (STMIK)
TAHUN 2022
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan
kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan, rahmat, taufiq, serta hidayah-NYA,
sehingga penulis saya mampu untuk menyelesaikan proposal usaha ini dengan baik.
Sistem dalam penyusunan proposal ini
atas dasar bimbingan dan prosedur yang sudah ada. Maka dalam penyusunannya bisa
dipahami secara mudah.
Penulis menyadari bahwa proposal ini
jauh dari kesempurnaan, namun penulis berusaha untuk mencapai kesempurnaan,
oleh karena itu kritik dan saran yang membangun dari semua pihak penulis harapkan demi kesempurnaan proposal ini.
Besar harapan penulis agar proposal usaha ini dapat bermanfaat bagi
saya sebagai penyusun dan pembaca.
Sidareja, 20 April 2022
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Ketersediaan minuman yang dijual di
pasaran sangat memprihatinkan karena minuman yang dijual di pasaran rentan
terhadap bahan pengawet, padahal masyarakat yang meminati minuman seperti es
misalnya sangat banyak. Melihat hal ini menjadikan saya terdorong untuk membuat
minuman yang sehat dan berkualitas tanpa bahan pengawet bagi masyarakat
Biasanya masyarakat lebih suka
membeli minuman seperti es dari pada membuatnya sendiri, oleh karena itu kami memanfaatkan usaha
minuman untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, dari pemikiran inilah kami mempunyai ide untuk
membuat bisnis minuman.
B. Ruang Lingkup Usaha
Proposal usaha merupakan bentuk pengajuan atau
permohonan, penawaran baik itu berupa
ide, gagasan, pemikiran maupun rencana kepada pihak lain untuk mendapatkan
dukungan baik itu yang sifatnya izin, persetujuan, dana dan lain - lain. Proposal juga dapat diartikan
sebagai sebuah tulisan yang dibuat oleh si penulis yang bertujuan untuk
menjabarkan atau menjelaskan sebuah rencana dan tujuan suatu kegiatan kepada pembaca. Terdapat dua aspek penting yang
mendasari dibuatnya proposal ini yaitu:
1. Aspek Edukasi
· Proposal ini dibuat untuk memenuhi Ulangan Tengah Semester Mata Kuliah Tecnopreneurship
· Untuk mengukur kemampuan mahasiswa dalam berwirausaha
2. Aspek Bisnis
· Membuka lapangan pekerjaan.
· Mencari keuntungan atau laba.
· Menarik minat konsumen untuk
merasakan Minuman yang menyehatkan
· Mencapai target penjualan.
· Berguna merencanakan pembangunan
usaha kecil menengah yang bergerak dalam
bidang produksi sekaligus penjualan minuman segar yang sehat dan bergizi.
C. Visi dan Misi Perusahaan
Visi : Menjadikan J-Time sebagai pusat
penjualan dan penguasa pasar minuman es jelly selasih bagi
masyarakat
Misi : Memberikan pelayanan terbaik
dengan menjual es jelly selasih yang sehat berkualitas
tanpa bahan pengawet
Ø Strength ( Kekuatan
Es Jelly
selasih ini sangat lezat berbeda dengan es yang lainnya
dan bukan hanya rasanya saja yang lezat namun namun juga mengenyangkan, segar, dan bermanfaat bagi tubuh.
Ø Weakness ( Kelemahan )
Es Jelly ini tidak tahan lama, sehingga setelah lewat 2/3 hari, rasanya menjadi
berbeda.
Ø Opportunity ( Peluang )
Es Jelly selasih ini akan sangat berpeluang masuk dihati para konsumennya, cita rasa yang menggoda dan warna warni jelly yang ada didalamnya yang bisa menjadi daya tarik utama konsumen untuk mencobanya.
Ø Threatment ( Ancaman )
Es Jelly
selasih sangat mudah untuk memasuki pasar, namun
saingan dari pada Es Jelly selasih pun terbilang banyak. Karena banyak penjual minuman yang menjual
berbagai macam jenis minuman lainnya. Selain pesaing pasar, cuaca juga
merupakan ancaman. Karena pada saat cuaca hujan atau mendung omset dari penjualan kami pastinya akan menurun.
A. Aspek Manajemen Usaha
1. Nama Perusahaa
Nama perusahaan yang akan kami gunakan untuk usaha ini adalah “J-Time”. Alasan kami memakai nama
perusahaan J-Time ini karena Produk yang
kita jual memiliki bahan utama dari jelly, makna dari huruf J (jelly) dan TIME memiliki makna waktu.
2. Lokasi Usaha
Lokasi usaha yang kami pilih bertempat di JL. Yos Soedarso Sidareja/tepat di depan koramil
11 Sidareja
3. Sruktur Organisasi
Struktur organisasi dari perusahaan ini direncanakan
hanya memiliki 4 orang karyawan dan
1 bendahara. Adapun perincian tugas-tugas karyawan-karyawan tersebut adalah
sebagai berikut:
- Pemimpin bertugas untuk mengatur, mengawasi, dan ngecek tugas-tugas tiap tim.
- Bendahara, bertugas menyimpan mencatat, dan melaporkan semua hasil penjualan kepada pemimpin.
- Tim Kreatif bertugas untuk mengembangkan usaha es Jelly selasih.
- Tim Riset bertugas untuk mempelajari tren macam-macam minuman, karakteristik dan permintaan konsumen.
- Tim Pemasaran bertugas untuk menangani aktivitas penjualan dan pemasaran.
- Tim produksi bertugas untuk memproduksi produk minuman Jenas.
Struktur ini hanya digunakan di tahun pertama sejak
perusahaan beroperasi. Setelah itu, kemungkinan akan ada penambahan karyawan
sesuai dengan perkembangan usaha ini, sehingga struktur akan berubah sesuai
dengan jumlah karyawan yang dibutuhkan.
4. Bentuk Badan Usaha
Bentuk badan usaha yang kami dirikan adalah bentuk badan usaha milik bersama/kelompok.
1. Nama Produk
Nama produk yang kami buat dan dijual dipasaran adalah Es Jelly selasih. Alasannya karena produk yang kami produksi ini adalah es yang terbuat dari campuran jelly melon, strawbery, jeruk, dan kelapa muda.
2. Bahan dan Peralatan
BAHAN LANGSUNG |
BAHAN
TIDAK LANGSUNG |
PERALATAN |
Jelly melon |
Gelas pelastik 16 OZ |
Pisau |
Jelly strawbery |
Sedotan pelastik |
Baki |
Jelly jeruk |
Plastik oz |
Termos Es |
Jelly kelapa
muda |
Kresek |
Sendok sayur |
Susu kental manis |
|
Toples |
Air galon |
|
Kompor gas |
Es batu |
|
|
Gula Pasir |
|
|
1.
Tujuan pemasaran
Adalah untuk mengenalkan produk minuman kepada
masyarakat, sehingga masyarakat bisa tertarik dengan minuman yang kami
promosikan sehingga nilai beli konsumen bisa tinggi, dan kami juga bertujuan
untuk memenuhi selera konsumen yang makin hari makin meningkat.
2. Konsep pemasaran
· Produk
Produk yang kami pasarkan adalah jenis minuman es yang kami desain
dengan inovasi yang agak berbeda dengan yang lainnya.
· Tempat
Tempat yang akan kami jadikan pemasaran adalah wilayah sekolahan,
kampus, dan kawasan ramai lainnya agar pemasaran bisa berjalan
dengan baik.
· Harga
Harga yang kami tawarkan cukup terjangkau, sesuai dengan harga yang
sudah beredar di pasaran dengan kualitas minuman teruji yaitu Rp.5.000/cup.
· Promosi
Promosi usaha yang kami lakukan yakni dengan membuat brosur melalui internet atau jejaring sosial,
agar tidak hanya orang dekat saja yang mengetahui
tapi orang jauhpun bisa tahu usaha kami.
· Distribusi
Distribusi produk kami melalui keliling dari sekolahan, kampus, dan komplek perumahan agar masyarakat cepat tahu tentang produk yang kami pasarkan.
D. ASPEK FINANSIAL
1.
Permodalan
Modal awal: Rp
1.100.000,-
2.
Rencana anggaran biaya ( RAB )
Biaya bahan baku
selama 5 kali produksi (1bulan)
No |
Keterangan |
Q |
P |
Q.P |
1. |
Gula pasir |
2 kg |
Rp 15.000 |
Rp 30.000 |
2. |
Jelly
Seven |
4 box |
Rp 50.000 |
Rp 200.000 |
3. |
Biji
Selasih |
¼ kg |
Rp 11.000 |
Rp 22.000 |
4. |
Susu kental
manis |
4 klg |
Rp 12.000 |
Rp 48.000 |
5. |
Es batu |
5 blk |
Rp 2.000 |
Rp 10.000 |
6. |
Sedotan |
2 pack |
Rp 13.000 |
Rp 26.000 |
7. |
Plastik
Oz |
2 pack |
Rp 5.000 |
Rp 10.000 |
8 |
Gelas minum
pelastik 16 OZ |
3 bks |
Rp 30.000 |
Rp 30.000 |
10 |
Gas |
1 tbg |
Rp.
20.000 |
Rp.20.000 |
11 |
Alat
Press cup |
1 |
Rp.600.000 |
Rp.
600.000 |
12 |
Tutup
cup press |
1 rol |
Rp.
80.000 |
Rp.
80. 000 |
13 |
Galon |
5 gln |
Rp.
4.000 |
Rp. 20.000 |
Jumlah |
Rp.
1.100.000 |
A. Kesimpulan
Berwirausaha merupakan peluang
mengembangkan usaha sesuai kemampuan pribadi masing-masing, namun seorang
wirausaha harus mempunyai kecakapan dalam melihat analisis SWOT, sehingga dapat
mengembangkan usaha dengan baik dan lancar, tidak menimbulkan kegagalan
produksi ditengah jalan, maka seorang wirausaha
harus merencanakan usaha semaksimal mungkin, agar usaha berkembang dengan cepat
seorang wirausaha harus menjalin partner usaha dengan pengusaha lain, tidak hanya mendirikan usaha
sendiri, tapi rintislah usaha bercabang agar
kelangsungan usaha berpotensi meluas.
Laporan kewirausahaan ini dibuat
untuk ujian tengah semester Mata Kuliah tecnopreneurship. Penulisan laporan kewirausahaan
ini juga bertujuan untuk penilaian objektif mata kuliah
tecnopreneurship agar dapat memberikan nilai akhir yang akan diperoleh oleh
mahasiswa.
Setelah penulis
selesai membuat laporan kewirausahaan ini, penulis
merasakan manfaat dari tugas yang diberikan, yaitu penulis dapat mengetahui
cara berwirausaha, membuat proposal dan dapat melakukan usaha. Kemudian manfaat yang lebih penting
adalah membuat penulis dan anggota kelompok lainnya menjadi lebih bertanggung
jawab terhadap tugas yang diberikan..
Oleh karena itu, penulis menyampaikan
terima kasih sebesar-besarnya kepada Dosen matakuliah yang telah membimbing dan semua pihak
yang turut membantu menyelesaikan laporan kewirausaha ini.
Comments
Post a Comment