Skip to main content

CONTOH PROPOSAL USAHA MINUMAN

 

PROPOSAL USAHA

J-TIME

 

STMIK Komputama Majenang

 

 


 


 

Proposal ini disusun sebagai pengganti Ulangan Tengah Semester Mata Kuliah Tecnopreneurship

 

 

Disusun oleh :


Trio Hermanto

 

 

 

SEKOLAH TINGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (STMIK)

TAHUN 2022


KATA PENGANTAR

 

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan, rahmat, taufiq, serta hidayah-NYA, sehingga penulis saya mampu untuk menyelesaikan proposal usaha ini dengan baik.

Sistem dalam penyusunan proposal ini atas dasar bimbingan dan prosedur yang sudah ada. Maka dalam penyusunannya bisa dipahami secara mudah.

Penulis menyadari bahwa proposal ini jauh dari kesempurnaan, namun penulis berusaha untuk mencapai kesempurnaan, oleh karena itu kritik dan saran yang membangun dari semua pihak penulis harapkan demi kesempurnaan proposal ini. Besar harapan penulis agar proposal usaha ini dapat bermanfaat bagi saya sebagai penyusun dan pembaca.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sidareja, 20 April 2022



BAB I

PENDAHULUAN


A.    Latar belakang

Ketersediaan minuman yang dijual di pasaran sangat memprihatinkan karena minuman yang dijual di pasaran rentan terhadap bahan pengawet, padahal masyarakat yang meminati minuman seperti es misalnya sangat banyak. Melihat hal ini menjadikan saya terdorong untuk membuat minuman yang sehat dan berkualitas tanpa bahan pengawet bagi masyarakat

Biasanya masyarakat lebih suka membeli minuman seperti es dari pada membuatnya sendiri, oleh karena itu kami memanfaatkan usaha minuman untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, dari pemikiran inilah kami mempunyai ide untuk membuat bisnis minuman.


                B. Ruang Lingkup Usaha

Proposal usaha merupakan bentuk pengajuan atau permohonan, penawaran baik itu berupa ide, gagasan, pemikiran maupun rencana kepada pihak lain untuk mendapatkan dukungan baik itu yang sifatnya izin, persetujuan, dana dan lain - lain. Proposal juga dapat diartikan sebagai sebuah tulisan yang dibuat oleh si penulis yang bertujuan untuk menjabarkan atau menjelaskan sebuah rencana dan tujuan suatu kegiatan kepada pembaca. Terdapat dua aspek penting yang mendasari dibuatnya proposal ini yaitu:

1.      Aspek Edukasi

·   Proposal ini dibuat untuk memenuhi Ulangan Tengah Semester Mata Kuliah Tecnopreneurship

·    Untuk mengukur kemampuan mahasiswa dalam berwirausaha

2.      Aspek Bisnis

·   Membuka lapangan pekerjaan.

·   Mencari keuntungan atau laba.

  ·    Menarik minat konsumen untuk merasakan Minuman yang menyehatkan

  ·     Mencapai target penjualan.

  ·  Berguna merencanakan pembangunan usaha kecil menengah yang bergerak dalam bidang produksi sekaligus penjualan minuman segar yang sehat dan bergizi.


                C. Visi dan Misi Perusahaan

        Visi             : Menjadikan J-Time sebagai pusat penjualan dan penguasa pasar minuman            es jelly selasih bagi masyarakat

       Misi            : Memberikan pelayanan terbaik dengan menjual es jelly selasih yang sehat            berkualitas tanpa bahan pengawet

 

              D. Analisa SWOT

Ø  Strength ( Kekuatan 

Es Jelly selasih ini sangat lezat berbeda dengan es yang lainnya dan bukan hanya rasanya saja yang lezat namun namun juga mengenyangkan, segar, dan bermanfaat bagi tubuh.

Ø  Weakness ( Kelemahan )

Es Jelly ini tidak tahan lama, sehingga setelah lewat 2/3 hari, rasanya menjadi berbeda.

Ø  Opportunity ( Peluang )

Es Jelly selasih ini akan sangat berpeluang masuk dihati para konsumennya, cita rasa yang menggoda dan warna warni jelly yang ada didalamnya yang  bisa menjadi daya tarik utama konsumen untuk mencobanya.

Ø  Threatment ( Ancaman )

Es Jelly selasih sangat mudah untuk memasuki pasar, namun saingan dari pada Es Jelly selasih pun terbilang banyak. Karena banyak penjual minuman yang menjual berbagai macam jenis minuman lainnya. Selain pesaing pasar, cuaca juga merupakan ancaman. Karena pada saat cuaca hujan atau mendung omset dari penjualan kami pastinya akan menurun.


 


 BAB III TINJAUAN UMUM


A.    Aspek Manajemen Usaha

1.      Nama Perusahaa

Nama perusahaan yang akan kami gunakan untuk usaha ini adalah “J-Time”. Alasan kami memakai nama perusahaan J-Time ini karena Produk yang kita jual memiliki bahan utama dari jelly, makna dari huruf  J (jelly) dan TIME memiliki makna waktu.

2.      Lokasi Usaha

Lokasi usaha yang kami pilih bertempat di JL. Yos Soedarso Sidareja/tepat di depan koramil 11 Sidareja

3.      Sruktur Organisasi



 

Struktur organisasi dari perusahaan ini direncanakan hanya memiliki 4 orang karyawan dan 1 bendahara. Adapun perincian tugas-tugas karyawan-karyawan tersebut adalah sebagai berikut:

      • Pemimpin bertugas untuk mengatur, mengawasi, dan ngecek tugas-tugas tiap tim.
      • Bendahara, bertugas menyimpan mencatat, dan melaporkan semua hasil penjualan kepada pemimpin.
      • Tim Kreatif bertugas untuk mengembangkan usaha es Jelly selasih.
      • Tim Riset bertugas untuk mempelajari tren macam-macam minuman, karakteristik dan permintaan konsumen.
      • Tim Pemasaran bertugas untuk menangani aktivitas penjualan dan pemasaran.
      • Tim produksi bertugas untuk memproduksi produk minuman Jenas.

Struktur ini hanya digunakan di tahun pertama sejak perusahaan beroperasi. Setelah itu, kemungkinan akan ada penambahan karyawan sesuai dengan perkembangan usaha ini, sehingga struktur akan berubah sesuai dengan jumlah karyawan yang dibutuhkan.

4.      Bentuk Badan Usaha

Bentuk badan usaha yang kami dirikan adalah bentuk badan usaha milik bersama/kelompok.

             B. ASPEK PRODUKSI

 1.      Nama Produk

Nama produk yang kami buat dan dijual dipasaran adalah Es Jelly selasih. Alasannya karena produk yang kami produksi ini adalah es yang terbuat dari campuran jelly melon, strawbery, jeruk, dan kelapa muda.


2.      Bahan dan Peralatan

 

BAHAN

LANGSUNG

BAHAN TIDAK LANGSUNG

PERALATAN

Jelly melon

Gelas pelastik 16 OZ

Pisau

Jelly strawbery

Sedotan pelastik

Baki

Jelly jeruk

Plastik oz

Termos Es

Jelly kelapa muda

Kresek

Sendok sayur

Susu kental manis

 

Toples

Air galon

 

Kompor gas

Es batu

 

 

Gula Pasir

 

 



             C. ASPEK PEMASARAN

1.      Tujuan pemasaran

Adalah untuk mengenalkan produk minuman kepada masyarakat, sehingga masyarakat bisa tertarik dengan minuman yang kami promosikan sehingga nilai beli konsumen bisa tinggi, dan kami juga bertujuan untuk memenuhi selera konsumen yang makin hari makin meningkat.


2.      Konsep pemasaran

                            ·    Produk

Produk yang kami pasarkan adalah jenis minuman es yang kami desain dengan inovasi yang agak berbeda dengan yang lainnya.

                            ·    Tempat

Tempat yang akan kami jadikan pemasaran adalah wilayah sekolahan, kampus, dan kawasan ramai lainnya agar pemasaran bisa berjalan dengan baik.

                            ·    Harga

Harga yang kami tawarkan cukup terjangkau, sesuai dengan harga yang sudah beredar di pasaran dengan kualitas minuman teruji yaitu Rp.5.000/cup.

                            ·    Promosi

Promosi usaha yang kami lakukan yakni dengan membuat brosur melalui internet atau jejaring sosial, agar tidak hanya orang dekat saja yang mengetahui tapi orang jauhpun bisa tahu usaha kami.

                            ·    Distribusi

Distribusi produk kami melalui keliling dari sekolahan, kampus, dan komplek perumahan agar masyarakat cepat tahu tentang produk yang kami pasarkan.


D. ASPEK FINANSIAL

1.      Permodalan

Modal awal: Rp 1.100.000,-

2.      Rencana anggaran biaya ( RAB )

Biaya bahan baku selama 5 kali produksi (1bulan)

 

No

Keterangan

Q

P

Q.P

1.

Gula pasir

2 kg

Rp 15.000

Rp 30.000

2.

Jelly Seven

4 box

Rp 50.000

Rp 200.000

3.

Biji Selasih

¼ kg

Rp 11.000

Rp 22.000

4.

Susu kental manis

4 klg

Rp 12.000

Rp 48.000

5.

Es batu

5 blk

Rp 2.000

Rp 10.000

6.

Sedotan

2 pack

Rp 13.000

Rp 26.000

7.

Plastik Oz

2 pack

Rp 5.000

Rp 10.000

8

Gelas minum pelastik 16 OZ

3 bks

Rp 30.000

Rp 30.000

10

Gas

1 tbg

Rp. 20.000

Rp.20.000

11

Alat Press cup

1

Rp.600.000

Rp. 600.000

12

Tutup cup press

1 rol

Rp. 80.000

Rp. 80. 000

13

Galon

5 gln

Rp. 4.000

Rp. 20.000

Jumlah

Rp. 1.100.000


 

 


 BAB IV PENUTUP

A. Kesimpulan

Berwirausaha merupakan peluang mengembangkan usaha sesuai kemampuan pribadi masing-masing, namun seorang wirausaha harus mempunyai kecakapan dalam melihat analisis SWOT, sehingga dapat mengembangkan usaha dengan baik dan lancar, tidak menimbulkan kegagalan produksi ditengah jalan, maka seorang wirausaha harus merencanakan usaha semaksimal mungkin, agar usaha berkembang dengan cepat seorang wirausaha harus menjalin partner usaha dengan pengusaha lain, tidak hanya mendirikan usaha sendiri, tapi rintislah usaha bercabang agar kelangsungan usaha berpotensi meluas.

Laporan kewirausahaan ini dibuat untuk ujian tengah semester Mata Kuliah tecnopreneurship. Penulisan laporan kewirausahaan ini juga bertujuan untuk penilaian objektif mata kuliah tecnopreneurship agar dapat memberikan  nilai akhir yang akan diperoleh oleh mahasiswa.

Setelah penulis selesai membuat laporan kewirausahaan ini, penulis merasakan manfaat dari tugas yang diberikan, yaitu penulis dapat mengetahui cara berwirausaha, membuat proposal dan dapat melakukan usaha. Kemudian manfaat yang lebih penting adalah membuat penulis dan anggota kelompok lainnya menjadi lebih bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan..

Oleh karena itu, penulis menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Dosen matakuliah yang telah membimbing dan semua pihak yang turut membantu menyelesaikan laporan kewirausaha ini.

Comments